Pertama sebelum kita membuat DNS slave , hendaknya anda terlebih dahulu mempersiapkan peralatannya seperti , pc (computer), dvd opensuse 11.3 Setelah itu masukkan cd ke dalam dvd room anda kemudian restart lah pc (computer) anda. Kemudian akan muncul seperti berikut .

clip_image002(gambar 01).

Kemudian tekan f3 lalu ganti menjadi text mode , setelah diganti tekan enter pada installation.

clip_image004(gambar 02)

Kemudian setelah itu computer anda akan merestart dengan sendirinya lalu computer akan masuk kedalam menu yang menyuruh anda untuk mengatur comfigurasi keyboard anda , biasanya kalau saya sendiri menggunakan yang standarnya saja yaitu english (us) kemudian tekan alt+n untuk kemenu selanjutnya.

clip_image006(gambar 03)

Setelah anda tekan alt+n kemudian computer anda akan meloading untuk memproses konfigurasi yang anda buat tadi. Kemudian anda akan masuk ke dalam menu installation mode , pilih new installation dengan menggunakan tombol alt+i kemudian tekan next dengan menggunakan tombol alt+n.

clip_image008(gambar 04)

Kemudian anda masuk ke dalam menu clock and time zone lalu pilih asia untuk regionnya kemudian tekan tab lalu pilih Jakarta pada time zone nya lalu tekan alt+n untuk next. Setelah itu anda akan masuk ke menu Desktop Selection , kemudian tekan alt+o untuk other kemudian pilih alt+i untuk minimal server selection (text mode) lalu tekan alt+n untuk next , seperti gambar berikut.

clip_image010(gambar 05)

Kemudian pada menu suggested partitioning lalu pilih alt+p untuk partition based lalu tekan alt+n , setelah itu anda akan masuk ke menu create new user kemudian kalo saya sendiri biasa nya saya kosong kan saja , karena nanti saya akan configurasi nya pada menu yast setelah selesai pengistalan kemudian tekan alt+n setelah itu akan ada perintah yang anda akan di suruh untuk pilih yes atau no tekan alt+y untuk yes.

clip_image012(gambar 06)

Setelah itu anda akan di suruh untuk memasukkan password anda di linux yang sedang anda install sekarang yaitu opensuse 11.3 , setelah anda ketik password anda lalu tekan alt+n untuk next nya.

clip_image014(gambar 07)

Setelah anda next anda akan masuk ke installation setting , yang perlu di ubah di dalam installation setting adalah pada Booting yaitu kita ubah yang eneble yang di atas pada Booting menjadi disable lalu tekan enter. Kemudian computer anda akan meloading , setelah selesai loading coba anda cek kembali pada Booting nya apakah sudah terubah atau belum menjadi disable.

clip_image016(gambar 08)

clip_image018(gambar 09)

Kemudian tekan tombol alt+i lalu akan ada pilihan lagi untuk confirm installation tekan lagi tombol alt+i untuk install.

clip_image020(gambar 10)

Kemudian computer akan meloading pada menu perfrom installation .

clip_image022(gambar 11)

Setelah proses perfrom installation selesai maka computer anda akan otomatis merestart , kemudian tekan saja enter pada menu desktop hingga akan muncul seperti berikut .

clip_image024(gambar 12)

Kemudian jika sudah selesai anda akan masuk ke layar yang warna nya hitam dan putih , kemudian anda akan di suruh untuk login. Anda pasti sudah tahu kan masuk ke dalam nya, jika belum kita masuk nya dengan menggunakan user root dan passwordnya adalah password yang kita buat tadi.

clip_image026(gambar 13)

Setelah anda login coba anda masuk ke dalam yast , dengan cara mengetikkan yast lalu tekan enter.

clip_image028(gambar 14)

Kemudian langkah-langkah kita di yast adalah :

Tekan tanda bawah sampai ke network devices lalu tekan tombol arah ke kanan lalu tekan lagi ke bawah sampai ke network setting lalu enter , jika anda sudah masuk akan muncul tampilan menu yang seperti ini .

clip_image030(gambar 15)

Kemudian tekan alt+i untuk edit , setelah itu tekan alt+t untuk statically assigned IP address , agar kita bisa mengunah ip kita.

Contoh :

IP address saya misalnya adalh 202.100.3.65 lalu subnet mask nya adalah /27 atau sama dengan 255.255.255.224 dan hostname saya ns , setelah selasai tekan alt+n untuk next.

clip_image032(gambar 16)

Kemudian anda akan kembali ke menu sebelum nya , lalu tekan alt+s untuk hostname , pada hostname saya mengubah hostname nya menjadi nama saya sendiri (itu tidak wajib), kemudian domain name nya misalnya nama anda sendiri boleh tapi kalo saya karena saya dalam masa ujian praktek saya ubah menjadi sekolah003.sch.id , lalu name server 1 nya saya ganti dengan ip saya sendiri , kemudian domain search nya saya sama kan dengan domain saya.

clip_image034(gambar 17)

Setelah anda tekan tombol alt+u untung routing nya , di routing yang saya ubah hanya pada default IPv4 gateway. Misalnya , 202.100.3.70 ip itu saya buat karna itu adalah ip master pada pc master yang ada pada ruangan/kelas saya kemudian tekan tombol alt+o .

kemudian pilih menu software tekan tombol arah ke kanan lalu pilih software management jika sudah ketemu tekan enter.

clip_image036(gambar 18)

Kemudian setelah masuk anda ketik bind pada menu search phrase , kenapa bind yang kita ketik ? itu Karena bind itu adalah nama peket untuk dns. Sementara itu lajutan yang tadi jika anda sudah ketemu paket nya tekan aja spasi pada paket itu contoh nya pada gambar berikut.

clip_image038(gambar 19)

Setelah itu anda tekan alt+a lalu anda akan masuk ke dalam menu automatic changes lalu anda tekan alt+o aja untuk ok jika anda ingin melajutkan nya kembali. Kemudian computer anda akan meloding , setelah selesai loading nya anda tekan aja alt+q untuk keluar pada menu yast.

Kemudian anda ketik cd /etc lalu tekan enter kemudian untuk konfigutrasi nya anda ketik vi named.conf lalu tekan enter .

clip_image040(gambar 20)

Setelah anda masuk ke dalam named.conf lalu anda tekan page done hingga ketemu kata-kata seperti berikut :

zone “localhost” in {

type master;

file “127.0.0.zone”;

};

Lalu copy kata di atas dengan cara ketik y lalu tekan 4 (4 itu karena ada 4 beris) kemudian anda ketik p dibawah tulisan yang ada copy. Kemudian anda ubah lah , seperti yang di bawah ini.

zone “sekolah-master.sch.id” in {

type slave;

masters {202.100.0.69; };

file “slave/sekolah.zone”;

};

zone “sekolah003.sch.id” in {

type master;

file “sekolah.zone”;

};

Keterangan :

sekolah-master.sch.id itu adalah nama domain pada pc master saya.

type slave itu adalah slave pada dns yang saya buat.

Masters {202.100.0.69} adalah ip untuk panyambung dengan master saya.

sekolah.zone adalah nama untuk pada /var/lib/named/

sekolah003.sch.id adalah nama domain saya.

clip_image042(gambar 21)

Kemudian jika anda sudah selesai mengubah nya anda ketik :wq (untuk save). Setelah itu anda ketik cd /var/lib/named/ kemudian tekan enter , kemudian anda ketik ls untuk melihat isi direktori pada named , kemudian anda lihat localhost.zone jika ada ada ketik cp localhost.zone sekolah.zone itu bertujuan jika anda ada kesalahan pada pengetikan dan tidak bisa di perbaiki anda masih punya data yang masih asli nya.

Setelah itu anda masuk ke dalam sekolah.zone ketik vi sekolah.zone maka akan muncul lah gambar seperti berikut.

clip_image044(gambar 22)

Yang saya beri tanda merah di atas adalah yang kita ubah dan ada beberapa yang lain . seperti berikut :

@ IN SOA @ sekolah003.sch.id. admin (

T D U

I I B

D A

A H

K

IN NS sekolah003.sch.id.

IN A 202.100.3.65

ns IN A 202.100.3.65

www IN A 202.100.3.66

mail IN A 202.100.3.67

pc1 IN A 202.100.3.69

202.100.3.67 IN PTR ns

202.100.3.66 IN PTR www

202.100.3.65 IN PTR mail

202.100.3.69 IN PTR pc1

Ini gambar nya :

clip_image046

Setelah itu anda save lah ketik :wq .

Kemudian anda restart dengan menggunakan perintah rcnamed restart (untuk merestart bind anda) kemudian rcnetwork restart (untuk merestart network anda) kemudian chkconfik named on (untuk mengaktifkan secara otomatis).

Setelah selesai coba aja anda ketik ping nama domain anda kemudian nama domain master anda jika tulisan nya reply maka berhasil. Maaf jika saya tidak ada gambarnya.

Demikian tutorial tentang membuat dns slave saya maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan atau dalam perintah nya , mohon di maklumi karena kita sama-sama masih belajar ..

Oc cuy ,, hahaha,

Iklan