Perangkat elektronik memerlukan daya untuk bisa bekerja atau berfungsi. Daya tersebut diambil umumnya dari listrik PLN, bisa juga dari genset atau dari baterai. Besar tegangan listrik PLN adalah 220 Volt berupa tegangan bolak-balik (alternating voltage). Kebanyakan rangkaian elektronik membutuhkan sumber tegangan searah, contohnya baterai. Untuk mendapatkan sumber tegangan searah dari sumber tegangan bolak-balik maka dibuat rangkaian penyearah yang memakai dioda sebagai komponen utamanya dan tegangan yang dihasilkan bisa berbentuk gelombang positip saja atau gelombang negatip saja. Rangkaian penyearah ada dua macam, yaitu tunggal dan ganda. Penyearah tunggal ada dua macam, pertama yaitu memakai satu dioda saja dimana hasilnya berupa tegangan searah setengah gelombang, dan yang kedua yaitu memakai empat dioda dimana hasilnya berupa tegangan searah gelombang penuh. Penyearah ganda memakai dua dioda dan trafo yang memiliki CT, hasilnya adalah tegangan searah gelombang penuh.

Bila salah satu dioda dari rangkaian penyearah mengalami kerusakan yaitu “terhubung singkat” maka sikring proteksi akan segera terputus, tapi jika ternyata sikring proteksi tidak juga putus maka akan mengakibatkan kerusakan fatal pada rangkaian yang mengambil daya dari penyearah tersebut.

Ganti sikring dengan nilai yang sama atau lihat harga Amper yang tertulis di atas pcb dekat dengan kedudukan sikring tersebut dan ganti dioda dengan kode yang sama.
Sebelum mengganti komponen, kabel listrik utama 220V harus dilepas. Jika sikring putus lagi maka dilanjutkan dengan memeriksa rangkaian pemakai daya tersebut.
Iklan