Burn-Suite Nero 7 menawarkan banyak fungsi baru. CHIP menunjukkan, bagaimana memanfaatkannya secara maksimal. Mulai dari pembuatan suara multikanal hingga system-backup.

Nero Reloaded sudah dianggap sebagai referensi di antara program bakar. Paket tool yang ampuh ini menggantikan banyak program tunggal. Namun, dalam Nero 7 terbaru tersembunyi potensi yang lebih besar: CHIP menunjukkan kemungkinan apa saja yang ditawarkan oleh fungsi-fungsi barunya. Dari digitalisasi LP hingga pembuatan system-backup lengkap.

Meskipun tidak mencolok, database multimedia Nero Scout merupakan inovasi terpenting. Semua modul Nero dapat mengaksesnya. Bahkan, aplikasi lain juga dapat memanfaatkannya melalui Windows Explorer. Dalam workshop ini akan Anda pelajari bagaimana mengatur konfigurasi, melakukan tuning, dan menggunakan Nero Scout secara optimal dalam proyek-proyek Nero.

naro

Pada saat pertama kali dijalankan, Anda akan langsung berhadapan dengan media-center Nero Home. Pada dasarnya, ini merupakan hal yang bagus karena Anda dapat mengakses semua content multimedia melalui remote-control. Namun, modul ini masih berada pada awal pengembangannya. Playback film, TV, musik maupun slideshow tidak ada masalah, tetapi tidak semua remote-control dan TV-card dapat memanfaatkannya. CHIP akan membantu Anda memahami media-center lebih cepat dan mengungkapkan dengan hardware mana saja Nero Home dapat berfungsi tanpa masalah (baca boks).

Program audio Nero SoundTrax dalam Nero 7 telah mengalami perbaikan menyeluruh dengan lebih banyak fungsi. Kini proyek rumit seperti upmix track stereo menjadi suara multikanal dapat direalisasikan. CHIP akan menunjukkan bagaimana cara meningkatkan kualitas audio pada video hasil shooting Anda sehingga suara aslinya terdengar datang dari loudspeaker depan dan narasi muncul dari loudspeaker belakang.

Digitalisasi LP dengan Nero 7 menjadi lebih nyaman. Bagaimana membuat CD audio dengan suara tanpa cacat dari piringan musik yang tergores atau kotor dengan Auto-Recording juga akan CHIP jelaskan dalam workshop ini.

Nero 7 tidak hanya lebih baik dari segi multimedia. Nero BackItUp terbaru jauh berbeda dengan tool backup yang lama. Kini ia mampu menggantikan solusi backup lengkap seperti Norton Ghost yang terkenal, terutama untuk keperluan system-backup. CHIP akan menunjukkan bagaimana membuat backup partisi sistem (berisi Windows) pada DVD dan me-restore-nya kembali ke PC.
1. Dari Nero menjadi My Nero

Tool: Nero Produktsetup, Nero BurnRights

Nero 7 berisi sekitar 2 lusin aplikasi dan mengambil tempat 300 MB di hard disk. Namun, siapa sih yang membutuhkan semua modul ini sekaligus? Karena itu, sebelum Anda memulai dengan program sebenarnya, sesuaikan dulu kebutuhan Nero Anda melalui ‘Product Setup’.

nero7-2

Hak bakar: Dalam Burn-Rights Anda dapat memberi hak kepada semua pengguna untuk membakar dengan Nero.

Melalui ‘Remove Nero product’ Anda dapat menentukan tool mana yang perlu disingkirkan dan mana yang perlu di-update setiap bulan.

Anda juga perlu mengatur konfigurasi hak-hak bakar jika PC digunakan oleh user lain. Di bawah ‘Configure burn-rights’, berikan hak bakar hanya kepada ‘Administrator’ untuk mencegah user lain membakar tanpa ijin. Anda juga dapat memberikan hak bakar kepada semua user jika diperlukan.
2. Memanfaatkan database Nero secara optimal

Tool: Nero Scout

Nero Scout mencari file-file multimedia pada folder pilihan Anda-musik, video, dan foto. Selanjutnya ia akan membuat katalog dan menyimpannya dalam database Scout. Dari luar, Scout tampak seperti folder Windows biasa. Anda dapat mengaksesnya melalui Windows Explorer dan melihat-lihat isinya.

Kelebihan Nero Scout adalah keterbukaannya. Ia tidak hanya melayani aplikasi-aplikasi Nero, tetapi juga program-program lain melalui Windows Explorer.

Mengatur konfigurasi database: Instalasikan Nero Scout dalam Windows Explorer. Setelah instalasi, dalam Explorer di bawah My Computer akan Anda temukan Nero Scout. Klik kanan icon program dan buka ‘Options | Add Folders’. Sekarang, Anda dapat menambahkan folder-folder baru ke dalam database.
Nero Scout akan memeriksa folder-folder tersebut. Pada file-file audio, secara otomatis ia akan membuat folder untuk setiap album berdasarkan ID3-tags yang ditemukan. Pada file foto, ia akan mendapatkan informasi dari data Exif. Penyortiran ia lakukan antara lain berdasarkan resolusi, tanggal, atau album. Dari file video, ia mencoba mendapatkan informasi mengenai durasi, frame-rate, dan resolusi film.

nero7-3
Nero mencari: Menemukan lagu-lagu rock dengan durasi kurang dari 3 menit bukan masalah bagi Nero Scout.

Namun demikian, Nero Scout tidak menampilkan semua informasi yang didapatnya. Bila Anda ingin tahu lebih banyak, dalam folder Nero Scout klik ‘Show Selected Details’. Dalam jendela berikutnya, pilih detail yang ingin Anda tampilkan dalam Explorer.

Iklan