– Monitor yang menggunakan LCD
Biasanya pada saat kita membersihkan layar LCD kita akan menggunakan air ledeng atau tisu/lap seperti pada saat kita membersihkan layar yang menggunakan CRT, akan tetapi air ledeng atau tisu/lap yang anda gunakan tersebut adalah cara kerja yang salah . . . Air ledeng yang anda gunakan tersebut sebenatnya mengandung klorida yang bisa meninggalkan layar resedu di layar LCD anda, sedangkan kalau menggunakan tisu/lap bisa melecetkan layar monitor anda yang sensitif apa lagi jika anda menggunakan tisu/lap yang sembarangan.
Jika anda ingin aman pada saat membersihkan layar monitor, sebaiknya anda membeli peralatan untuk membersihkan layar monitor anda di toko komputer, harga cukup bervariasi mulai dari yang 20.000- 150.000, tapi jika anda tidak mempunyai uang anda bisa mempersiapkannya sendiri, alat-alatnay sebagai berikut :
1. Anda bisa menggunakan lap kaca mata atau sejenisnya yang penting kainnya yang halus, terbuat dari katun atau kainnya yang lembut.
2. Cairan pembersih kacamata.
Untuk melapnya anda harus hati-hati dan pastikan lapnya belum pernah di pakai, sedangkan dengan pembersih kacamata anda bisa menggunakan larutan campuran alkohol 70% dan air suling (atau air mineral) lankah-langkahnya sebagai berikut :
1. Pastikan computer anda mati dan pastikan kabel-kebelnya sudah tercabut agar tidak listrik yang mengalir.
2. Gunakan lap dari bahan berserat lembut seperti lap kacamata atau lap dari perangkat pembersih LCD yang kering lalu lap kan dengan hati-hati ke layar LCD tersebut.
3. Lalu semprotkan cairan pembersih ke lap.
4. Lap dengan merata.
5. Setelah selesai biarkan layar LCD anda mati dan jangan di hidupkan sampai kering.
6. Setelah kering barulah anda hidupkan.
Agar layar LCD anda selalu tanpak bersih usahakan anda membersihkannya secara rutin atau berkala minimal sekali seminggu.

Iklan