Zoho Mail, aplikasi webmail dari penyedia aplikasi berbasis web Zoho telah diluncurkan — dan berita besar dalam pengumuman ini bukan hanya keluarnya Zoho Mail dari tahap private beta, melainkan dukungannya terhadap pemakaian offline, sebuah fitur yang menggunakan teknologi Gears yang diciptakan Google. Sepanjang pengetahuan saya, Zoho Mail adalah aplikasi webmail pertama yang mendukung penggunaan offline , bahkan mengeluarkan fitur ini lebih cepat dari Gmail, produk milik pencipta Gears sendiri. (Ternyata IBM Lotus Domino sudah terlebih dahulu mendukung fitur offline webmail, seperti yang dikatakan Gunawan T Wicaksono, tetapi bukan menggunakan Gears)

Apabila Anda sudah mempunyai akun di Zoho, cukup kunjungi http://mail.zoho.com di mana akun Email Anda sudah menunggu. Semua pengguna Zoho akan diberikan alamat email @zoho.com. Zoho Mail juga dapat dikonfigurasi untuk mengirim dan menerima email dari akun email lain menggunakan POP, dukungan IMAP akan ditambahkan sebentar lagi.
Penggunaan Offline
Fitur paling revolusioner yang ditawarkan Zoho Mail adalah penggunaan offline. Apabila Anda sudah menginstal Gears (untuk saat ini hanya mendukung IE dan Firefox), Anda dapat mengkonfigurasi Zoho untuk mengunduh email-email Anda untuk dipakai tanpa menggunakan koneksi internet. Untuk mulai menggunakan fitur ini cukup klik “Setup Offline” di bagian atas halaman dan setelah melengkapi halaman konfigurasi, Zoho Mail akan secara otomatis menggunakan mode offline/online sesuai konektivitas Anda.
Saat offline Anda juga dapat mengirimkan email seperti biasa, saat Anda kembali online email-email yang ada dalam Outbox akan langsung dikirimkan
Fitur Zoho Mail
Jumlah fitur yang ditawarkan Zoho cukup lengkap, mengkombinasikan beberapa fitur yang kita lihat dari berbagai aplikasi mail yang ada. Zoho Mail memberikan opsi untuk mengorganisasi email Anda ke dalam folder seperti tradisional ataupun menggunakan label seperti yang ditawarkan Gmail. Untuk menampilkan email, Zoho Mail juga mendukung baik tampilan email tradisional (Yahoo Mail, Outlook) ataupun tampilan yang menyusun email ke dalam bentuk percakapan (Gmail).
Zoho juga sudah mengintegrasikan Zoho Chat dan memiliki tampilan mobile yang dioptimisasi untuk iPhone.
Gmail tiga bulan lalu sudah menambahkan dukungan offline untuk Calendar dan sebagai seorang penggemar Gmail, saya juga berharap Gmail akan segera menambahkan dukungan ini.

Iklan