• z3chs
  • Rabu, 04 Februari 2009, 07:32

System tray pada Windows bisa menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar lahan parkir bagi program-program yang memenuhi task bar Anda. Sebut saja 5 aplikasi populer di bawah ini yang memiliki fungsi yang luar biasa menarik bagi para pengguna Windows. Mari kita bahas satu per satu.

UltraMon

Aplikasi yang dikenal sebagai pengatur penggunaan multi-monitor ini memiliki sangat banyak fitur sehingga mustahil dapat tampilkan hanya dalam satu screenshot saja. Fitur terbaik yang ditambahkan UltraMon ke system tray adalah tambahan 2 tombol pada title bar semua aplikasi yang aktif.

Seperti yang Anda lihat pada gambar, dua tombol tambahan (berupa segitiga kembar dan gambar kotak dengan tanda panah di dalamnya) – memungkinkan Anda untuk memperluas tampilan secara instan pada lebih dari satu monitor atau sebaliknya untuk mengecilkannya menjadi satu layar saja dan memindahkan sebuah jendela dari satu monitor ke monitor yang lain tanpa harus menggeser atau mengubah ukurannya.
UltraMon

Fitur ini juga sangat bermanfaat ketika berurusan dengan lusinan jendela aplikasi pada monitor yang berbeda-beda dan sering saling menumpuk satu sama lain. UltraMon memungkinkan Anda untuk menciptakan custom shortcut agar aplikasi-aplikasi tersebut secara otomatis mengatur ukuran jendelanya di layar sesuai keinginan Anda. Anda juga bisa mengatur screensaver dan wallpaper multi-monitor dan mengaktifkan Smart Taskbar, yaitu sebuah aplikasi yang bisa memperpanjang taskbar pada seluruh monitor yang tersedia. Walaupun tidak gratis, aplikasi seharga US$40 ini terhitung sangat layak dan berharga bagi para pengguna PC multi-monitor.

Taskbar Shuffle

Taskbar Shuffle (TS) bukan hanya sebuah aplikasi system tray saja, tetapi juga merupakan satu-satunya aplikasi yang bekerja dengan system tray itu sendiri. Setelah menginstal TS, Anda bisa memanjakan kepribadian Anda yang super rapi dengan mengatur fitur apa saja yang tampil pada system tray. Terkadang kita merasa terganggu ketika aplikasi yang ingin kita tampilkan pada system tray justru tersembunyi, tetapi tenang saja karena solusinya ada pada TS.

Selain fitur drag program ke dalam system tray yang sangat berguna, Anda juga bisa menutup aplikasi dengan mengklik tombol taskbar mereka dengan tombol tengah tetikus, mengubah cara Windows mengelompokkan jendela aplikasi yang serupa di taskbar dan mengatur hotkey keyboard untuk mencegah Anda menekan tombol yang salah ketika bekerja dengan kecepatan tinggi. Dan yang terakhir, TS juga bekerja dengan aplikasi multi-monitor UltraMon.
Taskbar Shuffle

AutoHotKey

AutoHotKey (AHK) merupakan sebuah macro-scripting tool yang bekerja pada system tray. Kelebihan utama AHK adalah bahasa pemrogramannya yang sangat sederhana untuk digunakan pengguna baru, bahkan yang sebelumnya tidak memiliki pengalaman pemrograman sama sekali.

Anda bisa menggunakan AHK untuk melakukan segalanya mulai dari menciptakan macro untuk menghemat waktu dalam mengetik, misalnya mengubah “btw” menjadi “by the way” secara otomatis atau bisa juga menciptakan aplikasi yang lebih rumit seperti Texter.
Auto Hotkey

Tambahan lain Anda juga bisa menciptakan tampilan sederhana yang memungkinkan pengguna lain mengakses skrip dan bahkan menyimpan AHK buatan Anda untuk bisa digunakan aplikasi portable atau mengirimkannya kepada teman. Aoabila tertarik untuk belajar AHK, coba klik di sini atau jika terlalu malas dan hanya ingin melihat skrip apa saja yang tersedia, klik di sini

.

Digsby

Jika Anda sedang mencari cara untuk mengurangi jumlah program yang memadati system tray dan taskbar, Digsby mengkombinasikan beberapa fungsi dari aplikasi yang terpisah menjadi satu. Digsby memungkinkan Anda untuk chat pada AIM, MSN, Yahoo Chat, ICQ, Google Talk, Jabber dan Facebook chat. Sebagai tambahan, Anda juga bisa mendapatkan pemberitahuan dan memeriksa email termasuk layanan populer seperti Gmail, Hotmail atau jasa lain yang mendukung IMAP atau POP.
Digsby

Dari dalam Digsby Anda juga bisa memberi tanda email yang sudah dibaca atau menandai mereka sebagai SPAM. Selain itu, Digsby juga mendukung fitur alert dan update dari situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, MySpace dan Linkedln.

Dropbox

Dropbox merupakan sebuah jasa penyimpanan dan sinkronisasi jarak jauh. Sihir di balik kemampuan Dropbox mungkin terletak pada server Dropbox, tetapi kenyamanan aplikasi ini terletak di system tray yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengakses Dropbox. Apapun yang Anda butuhkan untuk diakses dari lokasi yang jauh, bisa Anda masukkan ke dalam folder Dropbox sync dan dalam sekejap akan disalin ke akun Dropbox Anda.

Kebanyakan orang sangat antusias sejak pertama kali Dropbox meluncurkan versi betanya pertengahan tahun 2008 dan sekarang Dropbox sudah memasuki versi finalnya. Kapasitas yang disediakan oleh Dropbox secara gratis adalah 2GB. Anda bisa mempelajari lebih jauh cara untuk mensinkronisasikan instalasi Firefox Anda di sini sekaligus cara untuk menggunakannya sebagai pensinkronisasi password yang canggih.

anag_mamieh@yahoo.co.id

Iklan