Newport News, Virginia (ANTARA News) – Barack Obama, Kamis, melakukan penerbangan perdana sebagai presiden dengan pesawat barunya, Boeing-747 biru dan putih, pesawat resmi kepresidenan Air Force One.

Ia juga sudah terbang dengan helikopter kepresidenan “Marine One. Helikopter hijau itu bertugas membawa presiden bagi penerbangan jarak pendek.

Saat itu, dari Gedung Putih ke Pangkalan Angkatan udara Andrews di luar kota Washington.

Obama berjalan menuju ruang pers di bagian belakang pesawat barunya sebelum lepas landas untuk penerbangan pendek ke Virginia, tempat ia akan berbicara di depan para anggota DPR dari kubu Demokrat yang menggelar pertemuan di sana.

“Bagaimana pendapat kalian tentang penerbangan ini? Ini cukup menyenangkan,” kata Obama, sambil menambahkan ia pernah menjadi tamu pada jet kepresidenan saat Presiden George W. Bush masih berkuasa.

Ia juga dengan penuh semangat bercerita tentang pemandangan Washington dalam penerbangan uniknya dari Gedung Putih saat helikopternya lepas landas ketika senja turun pada musim dingin yang membeku.

“Helikopter itu terbang sangat mulus dan mengesankan, anda terbang tepat di atas Monumen Washington. Sungguh penerbangan yang spektakuler”, katanya, seperti dilaporkan AFP. (*)

COPYRIGHT © 2009

Iklan